Pages

Sabtu, 02 Januari 2016

Membangkitkan raksasa tidur


Tadi pagi di Smpit Alfawwaz Cikarang ada acara bedah buku di sela sela raker.
Buku yang dibedah berjudul " Jangan mau menjadi manusia dibawah rata rata" karangan ahmad rifai.
Buku yang cukup menarik dan isinya sangat menginspirasi untuk membuat diri kita para guru dan siswa untuk menjadi manusia diatas rata rata.
Dalan sesi tanya jawab ada pertanyaan tentang membangkitkan raksasa yang masih tidur dalam diri kita.
Iya ya bagaimana membangkitkan raksasa tidur itu?
Memang dalam diri manusia terdapat raksasa.. Raksasa ini merupakan istilah yang diberikan pada potensi yang besar yang ada dalam diri manusi.
Potensi ini diberikan oleh Allah kepada manusia agar mampu menjalankan tugas yang diembannya, yaitu sebagai kholiifah fil ardli dan hamba yang hatzus mengabdi padànya.
Raksasa atau potensi yang ada pada diri manusia itu akan bangun jika, orang tersebut menyadari akan tugasnya yang berat.
Karena orang merasa tugasnya berat dan dia sadar hatus menjalankan tugasnya dengan baik, maka dia akan berupaya intuk menjalankan tugasnya
Pada saat upaya keras itu dilakukan , hiruk pikuk kekawatiran dan ketakutan atas ketidak mampuannya melaksanakan tugas, mampu membangunkan raksasa yang sedàng tidur.
Akhirnya mereka memiliki tenaga yang untuk tidak mudah menyerah dan mengenal lelah yerhadap tugas yang diemban.
Itulah sebabnya kenapa orang sukses itu memiliki daya yahan diatad orang biasa biasa saja. Sehinggaoranv sukses itu tifak mufah loyo, tifak mudah sakit dan memiliki daya tahan daya sakit yang tinggi. Karena memang raksasanya telah bangun.
Jadi raksasa akan bangun seiring dengana tumbuhnya kesdaran diri seseorang.
Kita kebali ke permasalahan semula. Lalu bagiamana membangunkan raksanya tetsebut?
Bagi anak anak sekolah ,mereka biasanya mengalami kesulitan menumbuhkan kesadaran dirinya sendiri. Karena mereka belum mampu mengelola kesadaran diri sendiri dengan baik.
Mereka dapat dibantu dengan mengenalkan orang orang sukses atau mencetitakan kisah kisah kehidupan para tokoh. Sehingga mereka terinspirasi untuk menjadi seperti mereka.
Sedangkan bagi orang dewasa untiuk membangunkan raksasa tidur selain membaca kisah kisah kehidupan para tokoh juga bisa melalui perenungan.
Sisihkan sedikit waktu disaatbsetelah solat asar untuk merenung sejenak apa yang telah dilakukan sepanjang hari tadi. Dan ketika usai solat subuh renungkan apa yang àkan dilakukan hari ini.
Jika kebiasaan merenung ini seribg anda lakukan maka cepat atau ambat anda akan menyadari tentang kehodupan ini. Jika kesadaran anda tumbuh lalu anda berupaya untuk mengisi kehidupan ini dengan sesuatu yang jaih bermanfaat maka pada aaat itu raksasa yang ada pada diri anda akan bangun.
Ketika raksasa pada diri anda telah bangun jagalah jangan sampai tidur kembali, dengan cara terus mengupayakan diri menjadi orang yang jauh lebih bermanfaat bagi diri sensiri, keluarga , agama dan masyarakat pada umumnya.
Jangan lupa untuk mengikuti komunitas atau jammah yang sesuai dengan apa yang anda ingin menjadi. Sehingga anda akan menemukan teman untuk berbagi dan menyemangati.
jika anda tidak menemukan itu, buatlah jamaah sendiri. jadilah anda pelopor dimana anda bekerja dan dilingkungan anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar